MAKALAH FILM PK



MAKALAH
ULASAN FILM INDIA “PK”
disusun untuk memenuhi salah satu tugas UAS mata kuliah Ilmu Tauhid
Dosen Pengumpu Dr. Bambang Qomaruzzaman, M.Ag

oleh :
Bella Yunita Rachmawati (1161020014)

Hasil gambar untuk lambang uin bandung

JURUSAN STUDI AGAMA-AGAMA
FAKULTAS USHULUDDIN
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN GUNUNG DJATI
BANDUNG
2017


KATA PENGANTAR

Dengan menyebut nama Allah SWT  yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang atas segala rahmat-Nya sehingga makalah ini dapat terselesaikan dengan waktu yang telah ditentukan. Atas dukungan  moral dan  materil yang diberikan dalam penyusunan makalah ini, maka kami mengucapkan banyak terima kasih kepada:
1.      Bapak Prof.Dr.H. Mahmud, M.Si selaku rektor Universitas Negeri Islam Sunan Gunung Djati Bandung,
2.      Bapak Prof. Dr. H. Rosihon Anwar, M.Ag selaku dekan Fakultas Ushuluddin,
3.      Bapak Deni Miharja M.Ag selaku ketua jurusan Studi Agama-agama,
4.      Bapak H. Dr. Bambang Qomaruzzaman, M.Ag  selaku dosen mata kuliah Ilmu Tauhid,
5.      Orang tua,
6.      dan rekan seperjuangan.
Penulis optimis bahwa makalah ini dapat dengan  mudah dijadikan bahan pembelajaran bagi semua kalangan pembaca dengan diambil dari berbagai sumber. Makalah ini telah di susun dengan maksimal dan harapan kami mudah-mudahan makalah ini dapat menambah wawasan serta pengetahuan para pembaca dan dapat memberi manfaat.
Akhir kata, penulis mengucapkan terima kasih kepada pihak yang telah membantu dalam menyelesaikan makalah ini.

Bandung, 15 Juni 2017

Penulis





DAFTAR ISI

Kata Pengantar.............................................................................................................................1
Daftar isi........................................................................................................................................2

BAB 1  PENDAHULUAN ............................................................................................................3

1.1 Latar belakang................................................................................................................3
1.2 Tujuan Penulisan ...........................................................................................................3
1.3 Manfaat..........................................................................................................................3
1.4 Pokok Bahasan...............................................................................................................3

BAB II  SINOPSIS.........................................................................................................................4

2.1 Identitas Film.................................................................................................................4
2.2 Sinopsis Film.................................................................................................................4

BAB III  PEMBAHASAN.............................................................................................................6

3.1 Unsur Intrinsik...............................................................................................................6
3.2 Unsur Ekstrinsik.............................................................................................................6
3.3 Kelebihan dan Kekurangan............................................................................................7

BAB IV  PENUTUP.......................................................................................................................7

4.1 Kesimpulan....................................................................................................................7
4.2 Saran..............................................................................................................................7

Daftar Pustaka.............................................................................................................................. 8








BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Film merupakan salah satu media komunikasi massa yang memuat banyak sekali tanda dan makna yang menggambarkan suatu paham tertentu. Selain itu, film juga merupakan media komunikasi yang menggambarkan realitas yang ada. Film merupakan media yang memiliki kekuatan serta pengaruh yang besar dalam menjangkau banyak segmen sosial, Hal ini membuat film dapat mempengaruhi khalayak dengan mudah melalui muatan pesan yang disajikan (Sobur, 2004:127).
Salah satu unsur atau tema yang sering diangkat dalam film adalah pluralitas atau yang bersifat banyak dan lebih dari satu. Persoalan mengenai pluralitas agama merupakan salah satu cerminan realitas yang ada dan kemudian digambarkan atau dihadirkan kembali melalui film. Fenomena pluralitas kemudian berubah menjadi fenomena media yang sering ditampilkan di dalam media tertentu khususnya film.

1.2  Tujuan Penulisan
Tujuan pembuatan makalah ini adalah agar para pembaca mengerti apa saja yang terkandung dalam film PK ,seperti kekurangan dan kelebihan,unsur intrinsik dan ekstrinsik, siapa saja tokohnya,dan pelajaran apa saja yang dapat kita ambil dalam film tersebut,serta belajar memahami dan menilai apakah film tersebut layak ditonton atau tidak.
1.3  Manfaat
Kita dapat lebih mengetahui bagaimana jalan cerita dari film PK, mengetahui apa saja pesan moral yang terkandung dalam film PK, dan juga dapat mengambil sisi positif film tersebut, serta Mengetahui sedikit ulasan dari suatu film atau drama yang sebelumnya belum pernah kita lihat, sehingga kita dapat menilai apakah film itu baik untuk ditonton atau malah sebaliknya, Mengetahui sedikit ulasan dari suatu film atau drama yang sebelumnya belum pernah kita lihat, sehingga kita dapat menilai apakah film itu baik untuk ditonton atau malah sebaliknya.
1.4  Pokok Bahasan
Makalah ini membahas kepada kelebihan dan kekurangan dari film PK itu sendiri, dan lebih kepada unsur instrinsik dan ekstrinsik dari film PK.







BAB II
SINOPSIS
2.1  IDENTITAS FILM
Hasil gambar untuk Poster film PK

·         Judul Film      : PK
·         Sutradara       : Rajkumar Hirani
·         Produser        : Vidhu Vinod Chopra & Rajkumar Hirani
·         Penulis            : Hirani dan Abhijat Joshi
·         Genre             : Komedi, Religi, Romance
·         Pemeran         : Aamir Khan, Anushka Sharma, Sushant Singh Rajput, Boman
Irani, Saurab Shukla, Sanjay Dutt
·         Tanggal Rilis  : 19 Desember 2014
·         Bahasa            : Hindi

2.2  SINOPSIS FILM
Makhluk asing (Aamir) mendarat di bumi dengan maksud melakukan penelitian, tapi beberapa orang merampok satu-satunya yang dia miliki yatu Remote - terlalu jauh untuk kembali ke planetnya. Ia berkeliaran dengan putus asa, alien tersebut harus belajar, ia harus memakai pakaian yang ia mencuri dari pasangan yang sedang bermesraan di 'menari di mobil'. Dia juga belajar, ia membutuhkan catatan untuk membeli makanan - dan dia perlu belajar bahasa manusia, dimana ia hanya bisa memegang tangan selama enam jam.

Suatu hari, alien - yang namanya menjadi 'PK' setelah orang-orang berpikir akan tingkah lakunya yang aneh berarti dia mabuk - diajak oleh musisi pedesaan Bhairon Singh (Sanjay Dutt). Bhairon menyukai orang aneh dan berpikir dia merindukan seorang wanita, sehingga ia membawanya ke sebuah rumah bordil. Di sini, PK hanya memegang tangan seorang gadis sepanjang malam - dan oleh karena bahasanya, Bhojpuri, dikirimkan ke dia, akhirnya memungkinkan dia untuk mengekspresikan dirinya.

PK mengatakan kepada Bhairon bahwa barang berharga yang dimilikinya (Remote) telah dicuri. Bhairon memberitahu dia untuk pergi ke Delhi untuk mencarinya tapi di Delhi, PK malah diusir oleh polisi yang tidak bersimpati. Orang mengusir dia pergi, mengatakan kepadanya Tuhan yang tahu di mana jarak jauh Remote nya. Mencari Tuhan, PK sekarang pergi ke kuil, gereja dan masjid tapi dia benar-benar bingung karena masing-masing memiliki cara yang berbeda untuk ibadah dan aturan yang berbeda. PK tidak dapat menemukan Tuhan dan mulai membagi-bagikan pamflet mencari ilahi. Ini adalah bagaimana ia bertemu Juggu (Anushka), seorang reporter TV yang menyelamatkan dia saat dipukuli di sebuah kuil, kemudian mengikutinya ke ruangan terkunci untuk belajar kisahnya.

Juggu terkejut mendengar bahwa Remote PK sekarang ada ditangan Sadhu Tapasvi ji (Saurabh Shukla), dia pakar keluarga, tetapi bertekad untuk mendapatkan Remote tersebut kembali untuk PK - menggunakan langsung, sederhana, pertanyaan yang jelas dan kejujuran sebagai senjata. Menggunakan konsep PK tentang 'nomor yang salah' dengan ilahi terhadap yang manusia dewa- palsu , dia meyakinkan Kepalanya Channel Cherry (Boman Irani) untuk memproduksi sebuah acara mengadu domba PK terhadap Tapasvi.Sementara PK telah jatuh cinta dengan Juggu tetapi tidak bisa mengatakan itu ketika ia mengetahui Juggu patah hati, memikirkan pacar Pakistan-nya Sarfaraz (Sushant Singh Rajput), yang bertemu saat menjadi mahasiswa di Belgia, telah mencampakkannya. Tempat lain  Tapasvi ji memperingatkan ayahnya (Parikshet Sahani) tentang dan yang menyebabkan keretakan keluarga besar untuk Juggu.

Sementara itu, Bhairon menangkap pencuri yang mencuri Remote PK dan membawa dia ke Delhi, tetapi keduanya binasa dalam ledakan bom teroris yang meninggalkan PK terguncang. Dalam acara TV nanti, Tapasvi ji menantang PK untuk mengatakan kebenaran cerita Sarfaraz dan mengambil kembali remote nya. PK mengungkapkan bagaimana sebuah surat yang salah - dan perbedaan beragama  - memisahkan Sarfaraz dan Juggu. Cherry menelepon Kedutaan Pakistan di Belgia setelah melihat di TV. Selanjutnya Juggu dan Sarfaraz didamaikan setelah PK menang mendapatkan remotenya kembali.

PK dikawal oleh Juggu ke padang pasir di mana ia disebut ruang angkasanya. Saat ia pergi, dia mengetahui dia mencintainya (Juggu mengakui bahwa dirinya mencintai PK), tapi PK juga telah belajar untuk berbohong dari mausia dan mengatakan dia membawa kembali berbagai suara dari bumi di mana pada kenyataannya kaset transistor nya hanya mengandung suara Juggu saja. Bahwa kenyataanya, walaupun dia juga mencintai perempuan tersebut. PK juga harus berkorban, demi hidup Juggu dan pacarnya Sarfaraz. Dia kemudian menulis sebuah buku tentang PK, menceritakan betapa dia merindukan dia dan bagaimana ia memberinya dua hadiah besar - cinta ayahnya dan Sarfaraz.



BAB III
PEMBAHASAN
3.1 Unsur Intrinsik
     1.   Tema : memiliki unsur keberagaman agama, percintaan,
     2.   Alur :Alur yang dipakai adalah alur maju mundur. Karena menceritakan kejadian dari awal sampai akhir dan pada saat mereka sampai di puncak tinggi Mahameru. Mereka mengucapkan kembali kata-kata ketika mereka hendak mendaki puncak malhameru.
     3.   Latar :
·         Waktu                                  : Pagi, Siang, Sore, Fajar dan Malam
·         Tempat                    : Universitas Belgia, Masjid, Pura, Vihara, Gereja, India (Delhi)
·          Suasana                  :  Menyenangkan, sedih, rasa haru, penuh dengan komedi,
  menegangkan
·         Tokoh dan Watak
ü  PK                         : baik, pandai menanalisis, empati 
ü  Jaggu                     : cantik, cerdas, penyayang
ü  Shafaraz                 : baik, jujur, setia
ü  Bapaknya Jaggu    : religius, keras kepala
ü  Tapasvy                 : orang yang menyesatkan, pembual  
·                                                                                        Gaya Bahasa              : Gaya bahasa yang digunakan adalah modern. Karena seuai
                                                   dengan keadaan masyarakat dan perkembangan zaman.
·         Amanat                      : Bahwa kita jangan selalu mengkritik agama lain yang jelas
  berbeda dengan keyakinan sendiri, di film ini kita disuruh untuk
  menghargai keyakinan agama yang di anut oleh siapapun

3.2 Unsur Ekstrinsik

Pesan-Pesan pada Film PK
  1. Carilah Tuhan Yang Benar
  2.  Tuhanlah yang menciptakan kita, bukan kita yang menciptakan Tuhan
  3. Tuhan memandang hati, bukan fisik
  4. Ramalan jelek tentang pribadi tidak perlu dihiraukan
  5. Yang mengotak-kotakan pikiran ialah manusia itu sendiri
  6. Ajaran sesat makin banyak
  7. Cinta uang ialah akar dari segala kejahatan
  8. Sepandai-pandainya tupai melompat pada akhirnya ia akan jatuh
  9. Jangan asal menghakimi orang
  10. Kasihilah Tuhan dan kasihimu juga sesamamu
  11. Tuhan ialah Segalanya, tanpaNya manusia sebaik apapun akan sia-sia

3.4       Kelebihan dan Kekurangan dari film PK
     Kelebihan film ini adalah Peekay sebagai film ber-genre drama komedi berhasil membuat penonton tertawa dengan ulah pemeran utama yang konyol dan kepolosannya, tetapi juga berhasil menyampaikan pesan yang tersirat dari film tersebut. Sedangkan kekurangan film ini adalah adanya konten yang kurang cocok ditonton anak dibawah umur, seperti “mobil bergoyang”. Film ini cocok ditonton oleh kalangan remaja berusia 18 tahun keatas yang sudah memahami konflik yang disampaikan yakni mengenai agama dan kepercayaan. Sedangkan untuk anak-anak dibawah umur sebaiknya ditemani atau dengan bimbingan orang tua karena konflik dalam film ini susah dicerna. Pesan moral yang dapat dipetik adalah, janganlah kita terlalu mudah untuk percaya dengan sesuatu mistis, walaupun itu membawa nama Tuhan dan agama. Sebaiknya kita memastikan terlebih dahulu apakah sesuatu itu sesuai dengan ajaran yang baik, jangan sampai kita terjerumus kedalam ajaran sesat.
           
BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN
4.1 Kesimpulan
            Bahwa yang didapat dari film ini kita belajar bagaimana bertoleransi dengan umat antar agama, cara menghargai kepercayaan antar umat ber agama, serta menjauhkan dari konflik yang disebabkan oleh kesalahpahaman kita terhadap keyakinan mereka.

4.2 Saran
            janganlah terlalu mudah percaya pada sesuatu yang mistis, walaupun itu membawa nama Tuhan dan agama. Sebaiknya kita memastikan terlebih dahulu apakah itu sesuai dengan ajaran yang baik, dan jangan sampai kita terjerumus kedalam ajaran yang sesat.


Daftar Pustaka
https://creativewritingumng9.wordpress.com/2016/10/25/resensi-film-peekay-pk/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Baca Saja..

Mengenal Lambang Negara Amerika dan Konspirasi Angka 13